MITRA PILIHAN ANDALAN KESEHATAN KELUARGA | Telp : 021 - 5422 0811 | Gawat Darurat : 021 - 5422 0818 *** Telah Di buka Klinik Spesialis Hari Minggu, Jam 10.00 - 13.00 WIB, Klinik Spesialis Kebidanan - Kandungan, Klinik Spesialis Anak dan Klinik Penyakit Dalam

IMD (Inisiasi Menyusu Dini)

Inisiasi Menyusu DIni ( IMD )

Air Susu Ibu ( ASI ) adalah susu yang diproduksi oleh manusia untuk konsumsi bayi dan merupakan sumber gizi utama bayi yang belum dapat mencerna makanan padat.

ASI mengandung komponen makro dan mikro nutrien, yang termasuk makronutrien adalah karbohidrat, protein dan lemak sedangkan mikronutrien adalah vitamin dan mineral. Air Susu Ibu hampir 90% terdiri dari air. Selain memiliki nutrisi yang lengkap dan terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi, pemberian ASI memberikan manfaat yaitu :

  1. ASI kaya akan zat penting yang dibutuhkan oleh bayi
  2. ASI memberikan kekebalan yang optimal bagi bayi
  3. ASI tidak basi dan selalu segar
  4. ASI lebih higienis dibandingkan dengan susu lain
  5. ASI menjadi pelindung yang baik
  6. ASI merupakan pelindung dari berbagai alergi makanan
  7. ASI makanan yang tepat untuk bayi

World Health Organizations ( WHO ) merekomendasikan proses Inisiasi Menyusu Dini ( IMD ). Inisiasi Menyusu Dini ( IMD ) adalah kegiatan untuk melakukan kontak kulit ibu dengan kulit bayi segera setelah lahir selama paling sedikit satu jam.

Proses tersebut dilaksanakan dengan cara menempatkan bayi didada ibunya segera setelah sang bayi keluar dari jalan lahir. Bayi ini kemudian akan secara alami, tanpa dibantu, mencari putting ibunya untuk menyesap ASI.

Inisiasi Menyusu Dini dapat berhasil diterapkan jika ibu yang menjalani proses persalinan telah siap secara fisik dan mental serta didukung penuh oleh semua pihak di sekitarnya, terutama rumah sakit, dokter yang menjalankan proses persalinan dan keluarga.

Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan menjalankan proses IMD :

  • Memberi kesempatan pada bayi untuk mendapatkan kolostrom, yaitu tetes ASI pertama ibu yang kaya nutrisi dan membantu mencegah penyakit. Cairan pertama dari ASI ini biasanya berwarna kuning, sangat padat, dan hanya sebanyak kira – kira satu sendok teh.
  • Proses ini juga menunjang keberhasilan ASI Eksklusif. ASI Ekslusif mengandung arti bahwa makanan bayi hanyalah ASI, tanpa cairan atau makanan padat lain termasuk air mineral. ASI Eksklusif ini umumnya diterapkan di usia bayi 0 sampai 6 bulan.
  • Bukti menunjukan bahwa kulit bayi yang bersentuhan langsung dengan kulit ibunya ( skin to – skin contact ) segera setelah bayi lahir ke dunia dapat membangun keintiman dengan sang ibu menjadi lebih dalam. Proses ini juga membantu membuat bayi tetap merasa hangat setelah keluar dari rahim.Selain itu, kulit tubuh bayi yang bersentuhan langsung dengan kulit tubuh ibunya merupakan cara efektif untuk menenangkan bayi saat sakit dan membuat sang ibu lebih nyaman.
  • Bayi menjadi lebih tenang dan relatif tidak terlalu sering menangis.
  • Mengurangi angka kematian bayi baru lahir.
  • Meningkatkan kesehatan, pertumbuhan, dan daya tahan tubuh bayi, terutama di usia 0 – 1 tahun.
  • Lebih menstabilkan nafas bayi, terutama setelah dilahirkan.
  • Membantu ibu untuk pulih lebih cepat setelah proses persalinan.

RS St. Carolus Summarecon Serpong telah menetapkan IMD sebagai salah satu indikator mutu pelayanan rumah sakit.

Berkat kerjasama yang baik antara bidan, perawat dan ibu yang baru melahirkan, target pencapaian indikator pelaksanaan IMD di RS St. Carolus Summarecon Serpong sejak bulan Januari 2017 sampai bulan Juni 2017 selalu tercapai 100%.

 

 

 

Berita

Artikel

Agenda Yang Lalu