MITRA PILIHAN ANDALAN KESEHATAN KELUARGA | Telp : 021 - 5422 0811 | Gawat Darurat : 021 - 5422 0818 *** Telah Di buka Klinik Spesialis Hari Minggu, Jam 10.00 - 13.00 WIB, Klinik Spesialis Kebidanan - Kandungan, Klinik Spesialis Anak dan Klinik Penyakit Dalam

Cuci Tangan

Mencuci tangan merupakan salah satu indikator penting dalam menurunkan penyebaran infeksi. Hal ini ditunjukan dengan mencuci tangan menjadi salah satu indikator perilaku hidup bersih dan sehat ( PHBS ) dan sasaran keselamatan pasien di rumah sakit.

WHO sendiri menyatakan bahwa mencuci tangan dengan 6 langkah dapat mencegah penyebaran organisme yang dapat menyebabkan infeksi ( WHO, 2017 ).

Diare menjadi salah satu penyakit yang dapat terjadi karena rendahnya perilaku PHBS. Berdasarkan data Riskesdas angka kejadian diare menurun sebanyak 3,5 %, hal ini diikuti dengan meningkatnya kepatuhan PHBS terkait mencuci tangan menjadi 47% ( Riskesdas, 2013 ).

Kementerian Kesehatan juga menyatakan bahwa mencuci tangan dapat membantu dalam penurunan diare sebanyak 50% ( Depkes, 2014 ). Bahkan mencuci tangan dapat terbukti efektif dalam menurunkan angka kejadian flu sebanyak 20% ( Lancett, 2012 ). Pelaksanaan kebersihan tangan juga sangat mudah, dapat menggunakan air mengalir dan sabun atau cairan berbasis alkohol.

Mencuci tangan dengan menggunakan air mengalir dan sabun dapat dilakukan ketika tangan terlihat kotor atau setelah terkena cairan tubuh dalam waktu 40 – 60 detik. Mencuci tangan dengan menggunakan cairan berbasis alkohol dapat dilakukan ketika tangan tidak terlihat kotor dalam waktu 20 – 30 detik.

Cara mencuci tangan dilakukan dengan 6 langkah, seperti pada gambar dibawah ini

 

Mencuci tangan merupakan program utama RS St Carolus Summarecon Serpong dalam rangka menurunkan angka kejadian penyebaran infeksi di rumah sakit, karena itu RS St. Carolus Summarecon Serpong telah menetapkan cuci tangan sebagai salah satu indikator mutu rumah sakit.

Berikut ini adalah grafik pencapaian indikator mutu cuci tangan dengan 6 langkah di RS St Carolus Summarecon Serpong

 

 

Berita

Artikel

Agenda Yang Lalu