Beranda / Artikel Kesehatan

12.jpg

Seberapa Besar Pengaruh Polusi Udara terhadap Kualitas Hidup

Description

Healthpedia Rumah Sakit St. Carolus Summarecon Serpong
Ditinjau secara medis oleh Dr. Benedictus Aldwin Ainsley

Polusi udara telah menjadi isu kesehatan global yang semakin mendapat perhatian. Dalam kehidupan yang semakin modern, kita sering kali terpapar polusi udara akibat aktivitas manusia (asap kompor, asap rokok), asap kendaraan bermotor, dan perkembangan industri. Berdasarkan data Indeks Kualitas Udara (AQI) Air, indeks kualitas polusi udara di Jakarta sudah masuk kategori tidak sehat dan bahkan sempat menduduki peringkat kedua negara dengan kadar udara di dunia pada 178 AQI.

Pada contohnya, daerah Tangerang Selatan menjadi salah satu area yang paling berpolusi di Indonesia, dengan nilai rata-rata PM 2.5 yang dihasilkan sebesar 80 µg/m³. Karena PM (Particulate Matter) ukurannya yang sangat kecil, partikel ini dapat melayang di udara dalam waktu lama, serta dapat terhirup manusia dan memicu gangguan kesehatan, seperti asma, sakit paru-paru, sakit jantung, sampai kanker.

Dampak Polusi Udara terhadap Kesehatan

  • Gangguan Saluran Pernapasan: Polusi udara dapat memicu masalah pernapasan seperti asma, bronkitis, dan bahkan dapat memperburuk kondisi penyakit pernapasan kronis.
  • Risiko Penyakit Jantung: Paparan polusi udara berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke.
  • Masalah Kognitif: Polusi udara dapat mempengaruhi kesehatan otak dan dikaitkan dengan risiko penurunan fungsi kognitif pada usia tua.

Teman sehat, walaupun polusi udara memiliki dampak negatif yang signifikan, langkah-langkah pencegahan dan perlindungan dapat membantu kita mengurangi risikonya.

Teman sehat, kesadaran akan pengaruh polusi udara terhadap kualitas hidup kita adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan. Dengan memahami dampaknya, kita dapat mengambil langkah-langkah untuk melindungi diri dan keluarga. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan di Rumah Sakit St. Carolus Summarecon Serpong untuk mendapatkan informasi dan panduan lebih lanjut tentang cara menghadapi dampak polusi udara terhadap kesehatan kita.

.

  • Share

Recent Posts

s3.jpg
Rumah Sakit St.....
28 August, 2023.
s3.jpg
Info Layanan Li....
21 April, 2023.
s3.jpg
Info Layanan Li....
06 April, 2023.