Beranda / Artikel Kesehatan

12.jpg

4 Jenis Olahraga yang Dapat Dipertimbangkan untuk Pasien Jantung

Description

Healthpedia Rumah Sakit St. Carolus Summarecon Serpong
Ditinjau secara medis oleh dr. Bayushi Eka Putra, Sp. JP - Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah

Olahraga adalah bagian penting dalam hidup kita yang membantu kita menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Perlu kita ingat bahwa olahraga tidak hanya menjadi gaya hidup yang sehat, tetapi juga merupakan investasi berharga bagi kesehatan jantung kita. 

Hal ini juga menjadi lebih relevan ketika kita berbicara tentang orang-orang yang memiliki riwayat penyakit jantung. Bagi mereka, olahraga bukan hanya pilihan, melainkan suatu kebutuhan.

Yuk kita simak ternyata ada empat jenis olahraga yang dapat dipertimbangkan oleh pasien penderita penyakit jantung.

Aerobik
Hanya dengan 30 menit berolahraga aerobik dalam sehari- seperti jogging, berlari, lompat tali, ataupun seperti zumba dapat menurunkan tekanan darah serta denyut jantung. Namun perlu diperhatikan kembali khususnya pasien penyakit jantung yang sudah berusia di atas 0-50 tahun, risiko masalah sendi perlu dipertimbangkan.

Renang
Olahraga ini dapat menjaga aliran darah lancar dan mengurangi risiko penyakit jantung koroner hingga 40%. 

Bersepeda
Selain baik untuk kesehatan jantung, bersepeda juga membantu meningkatkan mobilitas sendi dan mengurangi persentase lemak tubuh.

Tenis
Tenis adalah olahraga aerobik yang membakar lemak dan meningkatkan suplai oksigen yang mengatur denyut jantung Anda pada tingkat yang lebih tinggi. Namun, sebaiknya untuk olahraga yang bersifat kompetitif, temui dokter jantung dulu ya untuk keamanannya.

Sangat penting untuk diingat ya teman sehat, bahwa sebelum memulai program latihan baru, olahraga semudah apapun, khususnya bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter spesialis jantung ya.

Mari kita terus dorong semangat berolahraga dan tingkatkan kualitas hidup kita. Dan satu hal lain yang terpenting, jangan lupa olahraga itu perlu kita lakukan secara rutin setiap hari ya teman sehat!

Tubuh sehat, jantung kuat! Selamat Hari Olahraga!

.

  • Share

Recent Posts

s3.jpg
Rumah Sakit St.....
28 August, 2023.
s3.jpg
Info Layanan Li....
21 April, 2023.
s3.jpg
Info Layanan Li....
06 April, 2023.