Beranda / Berita & Kegiatan

12.jpg

Mengenal Lebih Dalam Tentang ERACS; Persalinan Sesar Lebih Nyaman dan Pulih Lebih Cepat

21-10-2021

Proses pemulihan pasca melahirkan dengan operasi sesar kini bisa menjadi lebih singkat dengan metode Enhanced Recovery After Cesarean Surgery (ERACS). Metode ERACS saat ini sedang populer dan digemari ibu-ibu yang ingin lebih cepat pulih setelah melahirkan dengan operasi sesar.

Dr. Merwin Tjahjadi, Sp.OG dari RS St. Carolus Summarecon Serpong mengatakan bahwa metode ERACS dapat membuat pasien/ ibu melahirkan lebih cepat pulih dan pulang ke rumah.

“Perbedaan yang paling utama dari operasi sesar biasanya adalah paska operasi pasien akan dipersiapkan untuk bergerak, lepas kateter, miring kanan dan kiri, duduk, berdiri, berjalan, makan dan minum, menyusui, dan pulang ke rumah lebih cepat,” jelasnya.

Adapun, lama proses pemulihan dengan metode ERACS dapat berbeda dari satu pasien dengan yang lain, kurang lebih antara 48 jam – 72 jam paska operasi.

“Metode ini sangat patient-oriented, jadi yang berperan besar adalah pasien sendiri dalam keberhasilan proses ERACS. Nanti jangan kaget kalau lagi tidur akan dibangunin untuk belajar miring kanan dan kiri, lepas kateter, berdiri, dan lain-lain. Karena semua lebih cepat, jadi bergantung pada kemauan dan semangat dari pasien itu sendiri,” jelas dr. Merwin.

Lebih lanjut dr. Merwin mengatakan, walau dipersiapkan untuk bergerak lebih cepat, keselamatan pasien tetap diutamakan. Apabila kondisi pasien belum memungkinkan atau belum ingin untuk bergerak, maka tidak akan dipaksakan.

“Target dari metode ini adalah keselamatan pasien, kenyamanan, dan pulih lebih cepat,” tegasnya.

Pasien yang ingin menjalani proses ERACS haruslah dalam kondisi fit dan tidak memiliki penyakit bawaan/ komorbid. “Dalam menentukan metode persalinan baiknya harus berkonsultasi dengan intens dengan dokter kandungan masing-masing” tutup dr. Merwin.

Bagi para ibu yang berminat untuk menggunakan metode ERACS atau ingin mengetahui lebih lanjut mengenai proses ini dapat berkonsultasi dengan dr. Merwin Tjahjadi, Sp.OG (Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan / OBSGYN) secara offline pada hari Senin (10.00-12.00), Selasa (17.00-20.00), Kamis (17.00-20.00), dan Sabtu (09.00-12.00) di Rumah Sakit St. Carolus Summarecon Serpong yang berlokasi di area Gading Serpong - Tangerang.

-----------------------------------------------

Call Center : 021-5422-0811

Untuk informasi perkiraan biaya bersalin, dapat klik button di bawah ini

  • Share

Recent Posts

s3.jpg
Rumah Sakit St.....
28 August, 2023.
s3.jpg
Info Layanan Li....
21 April, 2023.
s3.jpg
Info Layanan Li....
06 April, 2023.